aturan yang disamakan seeded,” sebut andy alfarid, pembalap senior lampung yang coba bikin tim pemula. Mp5 hasil perjuangan bersama-sama, pemerhati balap murah. Ingat kan lima bulan lalu, m-plus tak kendur-kendur menulis kelas murah. Bahkan, nyaris kedodoran, menyodorkan kelas yang dengan mudah diikuti siapa saja. Kalau perlu tukang ojek, jadi pembalap profesional. Karena sistem macam itu, akar pasar senggol serame sekarang. Syukur, Tuhan menunjukan jalan benar, bagi pengambil kebijakan. Buktinya, lahir regulasi Mp5. Memang lebih longgar dari standar korek 2-tak. Tapi, lebih relistis dari tahun sebelumnya. Kan sebelumnya pemula dan seeded menunggangi motor yang berspesifikasi sama.memang ada perubahan karbu di 2006 pada bebek 125cc. Tapi itu nyaris tak berpengaruh banyak. Lagi pula aturan mp5 persis korek harian. Maksudnya, motor yang dipakai sehari-hari yang performanya dinaikkan.”harian kan bermain knalpot, CDI murah dan kem. Kecuali gigi rasio yang jarang di harian,”sebut adriansyah, mekanik suzuki malahayati racing team di jakarta. Hitungan gigi percepatan setiap tingkatan, boleh dipermak di mp5. Dengan trik ini, paling tidak kreasi pandai besi indonesia akan meningkat. Ke depan, tidak perlu tergantung rasio buatan thailand, jepang atau malaysia. Toh, “nyaris seluruh gigi rasio saat ini, buatan sendiri,” yakin nanag gunawan yang dikenal sebagai pembuat gigi rasio indonesia. Herannya rasio boleh diubah, tapi primer atau gigi reduksi awal dilarang. Padahal, tak ada bedanya, gigi ini dilarang atau tidak. Toh, komposisi hasil akhirnya akan didapat dari final gear alias gigi akhir di sproket depan dan belakang. Maksudnya, yang tahu menghitung gigi, primer tidak banyak berpengaruh. Ini sama saja dengan pelek. Silakan, lingkar atau diameter dibatasi. Tapi, lebar tapak masih bisa berhubungan dengan safety. “masak iya, lebarnya 1,6 inchi. Mestinya dibiarkan. Toh , semakin lebar, motor kian berat. Jika dipaksakan aturannya, lebih ideal memakai 1,85 inchi. Dan ingat, 1,6 inchi nggak ada dipasaran atau jarang ditemukan. Yang ada dan banyak ditemui 1,65 inchi,” tambah alfarid.
Tabel regulasi dan kalkualsi MP5
Regulasi MP5
Taksiran jupiter Z MP5 versi gandhoel
Kapasitas (cc)
115 cc
Pilot jet
Rp. 153.400
Karburator
Standar pabrik
Main jet
Rp. 77.400
Filter udara
Bebas
Busi
Rp. 95.000
Knalpot
Bebas
Klep
Rp. 195.000
Intake manifold
Standar, bagian dalam bebas
Per klep
Rp. 174.000
BBM
Bebas
Retainer
Rp. 32.000
Letak tanki BBM
Bebas
Kancing klep
Rp. 24.000
Per klep
Bebas diganti
Rocker arm set
Rp. 273.400
Piston
3 alur
Lever holder assy
Rp. 97.000
Radiator air
Standar
Kabel kopling
Rp. 25.300
Pendingin oli custom
Tidak boleh
Mur
Rp. 9.200
Camshaft atau kem
Bebas
Baut
Rp. 3.400
CDI
Bebas
Rasio gear
Rp. 1,55 jt-2,5 jt
Connecting rod
Boleh dimodif
Per kopling
Rp. 140.000
Crank shaft
Standar abis
Kampas kopling
Rp. 137.000
Diameter batang klep
Boleh diubah
Piston
Rp. 225.000
Diameter klep
Standar abis
Ring piston
Rp. 45.000
Magnet
Full standar
Oli
Rp. 45.000
Maks lebar pelek
1,6 inchi
Blok kopling
Rp. 600.000
Maks diameter pelek
17 inchi
Gas spontan
Rp. 285.000
Penggunaan titanium
Tidak boleh
Tutup kick starter
Rp. 125.000
Rem belakang
Boleh diubah
Kran bensin
Rp. 25.000
Shockbreaker
Bebas
Knalpot
Rp. 200.000
Swing arm
Standar pabrik
CDI
Rp. 500 rb-5 jt
Berat dengan joki minimum
135 kg
Sproket cam chain
Rp. 114.600
Berat tanpa radiator
130 kg
Rantai camrat
Rp. 25.000
Diameter maksimum disc brake depan
320 mm
Guide stopper
Rp. 241.100
Kopling
Wajib manual
Bearing
Rp. 22.000
Perpindahan transmisi
Bebas
Gasket
Rp. 66.900
Gear primary
Standar
Setang RZR
Rp. 160.000
Gear ratio / percepatan
4 speed / gear ratio bebas
Footstep
Rp. 750.000
Maksimum percepatan
4 tingkat
Gear sprocket set
Rp. 950.000
Total biaya untuk MP5 versi gandhoel
Catatan: hasil kalkulasi ini diambil dari harga komponen termahal untuk pilihan part tertentu !!!
Ban
Rp. 550.000
Sok belakang
Rp. 2,4 juta
Cakram
Rp. 950.000
Slang rem
Rp. 475.000
Pelek
Rp. 1,4 juta
Rp. 57.481.400
Batok lampu
Rp. 25.000
Rantai
Rp. 260.000
Standar paddock
Rp. 125.000
Ongkos mekanik
Rp. 4 juta
Anggaran MP5 jauh dari flu dompet, sesuai tujuan, regulasi bebek standar MP5 (motoprix) menghindari pemborosan anggaran. Biar tim kecil bisa bernafas di arena kejurnas. Karena motor tidak dipaksa makan part racing berlebih. Pemilik tim pun, jauh dari flu dompet, bukan burung. Tapi lewat simulasikan anggaran bikin motorprix 5 kompetitif, masih dikit kena flu tuh dompet. Toh, dibanding MP1 sampai MP4, sih masih , memang lebih murah, ‘yang lebih penting, pemeliharaanya. Karena enggak dipaksa, motor jauh lebih awet,” jelas imam safi’i, mekanik surya perkasa, semarang, yang nge-top dikelas standar wilayah jawa tengah. Dia berbicara jauh hari sebelum regulasi MP5 dubukukan. Imam menaksir biaya riset sampai siap balap, kisaran Rp 12-14 jutaan. Itu diluar biaya beli motor dan ongkos mekanik juga yang lainnya. Bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung pilihan part digunakan. Misal CDI, shock breaker atau lainnya,” terangnya. Kalau lebih kompetitif di kejurnas ditaksir lebih mahal. Itu sesuai perkalian sri gandul hartanto. Suhu korek 4-tak yang sempat bikin Doni Tata melejit ini, biaya termakan part. Rp 18 jutaan sudah cukup. Itu termasuk ongkos mekanik. Kalau mau ada yang dikurangin atau ganti merek lain, biaya bisa ditekan,”tearng gandul from GRM jogja. Gandul membandingkan MP1 dan MP2. “ Tune-up kompetitif, minimal 39 jutaan, terang gandul. Tentu akan beda untuk smash, blitz, atau supra. Karena harga part beda. Tapi juga kira-kira selisihnya nggak jauh. “untuk smash hitungannya saya Rp. 15 juta, sudah cukup. Paling besar biaya mekanik. Makannya, biaya tentu akan sangat variatif. Karena, itu kan jaminan otak dan kualitas mekanik dipertaruhkan,” jelas ibnu sambodo, begawan 4-tak manual tech jogja. Yang sulit diraba perkiraan minimalnya. Nah, tinggal hitung sendiri mana yang bisa ditekan atau diganti tentu sesuai jenis atau merek motor, selera, mekanik yang dipilih dan tentu isi kantong.
Sumber : ManiakMotor.com
Yang Belum Gabung Ke Grup Facebook Silahkan Join I B L C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar